Tidak Kantongi Izin, 249 Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Diblokir Kemendag

  • Bagikan
Tidak Kantongi Izin, 249 Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Diblokir Kemendag
Tidak Kantongi Izin, 249 Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Diblokir Kemendag

Sebanyak 249 domain situs Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) diblokir oleh Kemendag selama Agustus 2021. Dalam siaran pers di laman Kementrian Perdagangan yang dirilis Sabtu, (19/09/2021) menyebut ratusan domain situs tersebut diblokir karena tidak mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Menurut Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana, tindakan tegas ini dilakukan Kemendag untuk guna melindungi konsumen agar tidak ada yang mengalami kerugian. Pemblokiran ini dilakukan Bappetdi yang bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika.

“Pemblokiran di bulan Agustus 2021 ini menjadi yang terbanyak sepanjang 2021. Pengawasan dan pengamatan ini bertujuan untuk mencegah adanya kerugian masyarakat,” ungkap Wisnu dikutip dari siaran pers yang dirilis di laman Kemendag.

Domain yang tidak memiliki perizinan dari Bappebti kebanyakan didominasi oleh duplikasi domain dari domain yang telah mengantongi perizinan dari Bappebti, situs introducing broker, dan paket investasi penawaran penjualan robot trading.

Plt. Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti M. Syist juga mengatakan, selain menawarkan penawaran investasi dengan modus lama, sejumlah domain yang terblokir juga menawarkan investasi dengan modus baru.

“Modus yang paling baru adalah penawaran paket investasi forex berkedok penjualan robot trading melalui paket-paket investasi dengan menggunakan sistem member get member. Namun secara umum, seperti halnya entitas-entitas yang pernah diblokir Bappebti sebelumnya, entitas-entitas yang diblokir saat ini masih menjalankan modus-modus yang sudah sering digunakan,” kata Syist.

Dengan adanya pemblokiran ratusan domain ilegal ini, Syist menghimbau masyarakat agar jeli dan tidak mudah tergiur dengan modus-modus atau iming-iming penawaran investasi di bidang PBK.

“Selalu pastikan legalitas dari pialang berjangka yang menawarkan investasi dan jangan mudah tergiur dengan penawaran investasi yang memberikan iming-iming keuntungan pasti di luar batas kewajaran yang didapatkan dalam waktu singkat,” tutur Syst.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *