Presiden Jokowi Pimpin Upacara Komcad TNI di Batujajar

  • Bagikan
Sumber Gambar: Instagram @sekretariat.kabinet

Nurul.id – Presiden Joko Widodo mengunjungi Pusdiklatpassus Batujajar dalam kegiatan Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TNI dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat pada Kamis (7/10/2021) di Lapangan Terbang Suparlan, Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Komponen cadangan adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi komponen cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI, dan di bawah kendali Panglima TNI.

Presiden memberi amanat, Kedaulatan negara, keutuhan negara, keutuhan wilayah NKRI, serta keselamatan bangsa dan rakyat Indonesia adalah segala-galanya. TNI sebagai komponen utama selalu siaga memastikan hal tersebut, tetapi perlu didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung.

Presiden menegaskan bahwa Komponen Cadangan (Komcad) hanya dipergunakan untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara.

“Perlu saya tegaskan, komponen cadangan tidak boleh digunakan untuk lain, kecuali kepentingan pertahanan. Penetapan komponen cadangan ini akan semakin memperkokoh sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta kita,” ujar Presiden dalam akun Youtube Sekretariat Kabinet RI.

Reporter: Muhammad Faozan Nurrizqillaah

Redaktur: Rais Maulana Ihsan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *