Positif Covid-19, Ini Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen

  • Bagikan
Positif Covid-19, Ini Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen
Positif Covid-19, Ini Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen


KONTAN.CO.ID – Jakarta. 
Kenali cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah. Di tengah lonjakan kasus Covid-19, banyak pasien yang meninggal, salah satunya akibat saturasi oksigen dalam darah turun.

Cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah bisa dilakukan sendiri secara mudah. Cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah juga bisa dilakukan saat isolasi mandiri tanpa bantuan dokter.https://6fef4bbaef52c291f00be1d93a833abc.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Senin (19/7) ada tambahan 34.257 kasus baru yang terinfeksi Corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 2.911.773 kasus positif Corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus Corona bertambah 32.217  orang sehingga menjadi sebanyak 2.293.875 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus Corona di Indonesia bertambah 1.338 orang menjadi sebanyak 74.920 orang. Saat ini ada total 542.938 kasus aktif di Indonesia. 

Saturasi adalah jumlah kadar oksigen yang ada dalam darah. Dalam keadaan normal atau sehat, angka batas minimal saturasi oksigen adalah di kisaran 95%-100%.

Jika saturasi oksigen dalam darah kurang dari 95%, orang akan mengalami gangguan atau kesulitan bernafas. Apalagi, jika saturasi oksigen turun jauh dari batas normal, bisa menyebabkan kematian.

Berikut tingkatan saturasi atau kadar oksigen dalam darah beserta kondisi kesehatan:

  • Saturasi oksigen 95%-100% : dalam kondisi baik
  • Saturasi oksigen 93%-94% : perlu berbaring untuk meningkatkan kadar oksigen
  • Saturasi oksigen <92% perlu ke RS untuk mendapat perawatan dokter
  • Saturasi oksigen <80% : perlu menggunakan ventilator

Namun jangan khawatir jika saturasi oksigen turun di bawah 95%. Ada cara mudah meningkatkan saturasi oksigen agar kembali ke level normal.

Cara menaikkan saturasi oksigen

Melalui akun resmi media sosial, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membagikan cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah secara mudah. Cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah bisa dipraktikkan di kamar tidur.

Cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah ini menggunakan teknik proning. Namun, tidak semua pasien Covid-19 bisa melakukan cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah dengan teknik proning.

Cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah dengan teknik proning ini hanya bisa dilakukan oleh pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan. Untuk pasien Covid-19 gejala sedang dan berat, cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah harus dilakukan oleh tenaga medis.

Kemenkes juga menyebutkan, cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah dengan teknik proning ini hanya bisa dilakukan jika saturasi oksigen turun menjadi 93%-94%. Berikut cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah dengan teknik proning:

tips menaikkan saturasi oksigen dengan proning

  1. Berbaring tengkurap di atas alas. Pastikan kita menggunakan bantal di bawah leher, panggul, dan kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.
  2. Pada posisi kedua, kita berbaring menyamping. Pastikan alas dan bantal di bawah leher, panggul, dan dijepit di antara kedua kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.
  3. Pada posisi berikutnya, duduk dengan kaki selonjor lurus ke depan dan badan menempel dinding. Gunakan penyangga bantal dalam posisi duduk. Sama seperti dua posisi sebelumnya, lakukan ini selama 30 menit.

Sebagai tambahan, saaat melakukan cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah, pastikan berada di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Demikianlah cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah dengan teknik proning menurut Kemenkes. Ingat, jika cara ini belum berhasil menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah, segera hubungi dokter atau pelayanan kesehatan terdekat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *