Pemerintah Kota Bogor Bangun Jalan Pedestrian Baru, Begini Tanggapan Netizen Bogor

  • Bagikan

Nurul.id, Bogor – Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto pantau kegiatan pembangunan jalan pedestrian dan sepeda di kawasan Jalan Ir. H. Juanda pada Senin, 25 Oktober 2021.

Jalan Ir. H. Juanda sendiri adalah salah satu sasaran jalan protokol yang menjadi bagian dari desain penataan jalur pedestrian dan sepeda terintegrasi di Kota Bogor yang akan terus berjalan hingga 2024 nanti. Pembangunan jalan sepanjang 800 meter ini dilakukan sebagai upaya untuk menata kawasan Kota Bogor. Pasalnya, kondisi jalan lama ini sudah semrawut, banyak pedagang kaki lima dan juga jadi lahan parkir liar.

“Kegiatan pembangunan jalur pedestrian karena kawasan ini sudah cukup lama semrawut saya ingin manfaatkan untuk kepentingan publik,” ungkap Bima dikutip dari video di akun Instagram pribadinya.

Lanjut Bima, untuk target dan rincian jalan pedestrian baru ini adalah jalan untuk pejalan kaki dan olahraga, jalur hijau, jalur sepeda.

“Jadi ada jalur pejalan kaki dan ada dua ya pejalan kaki dan olahraga, jalur hijau di tengah-tengah, dan sedikit jalur sepeda di situ, jadi melengkapi jalur sepeda yang ada di seberangnya,” lanjut Bima.

Pembangunan jalan ini mulai dari Mall BTM hingga akhirnya berlokasi di depan SMAN 1 Bogor. “Ini luasnya ujungnnya nanti ada di SMA 1,” ungkap Bima.

Menurut Bima, dukungan yang paling penting dari pembangunan jalan pedestrian ini adalah dari kawasan perkantoran yang ada di sepanjang jalur 800 meter ini. Juga Bima mengingatkan sosialisasi kepada pedagang-pedagang yang ada di kawasan tersebut.

“Yang sangat penting adalah memastikan dukungan-dukungan dari bangunan gedung perkantoran yang ada disini semua. Jadi ada penyesuaian-penyesuaian seperti akses masuknya, ramp untuk keluar masuknya, yang kedua mensosialisasikan pedagang yang ada disini. Nah ini kita pastikan akan disterilisasi,” pungkas Bima.

Anggaran pembangunan jalan ini memakan biaya sebanyak 5,6 miliyar yagng bersumber dari anggaran bantuan Provinsi Jawa Barat.

“Siang ini Saya cek progress pembangunan jalur pedestrian & sepeda di Jalan Ir. H. Juanda yang bersumber dari anggaran bantuan Provinsi Jawa Barat senilai 5,6 miliar,” ungkap Bima dikutip dari akun Instagram pribadinya.

Bima mengungkapkan, target pembangunan jalan pedestrian ini akan rampung di minggu kedua bulan Desember.

“Jalur ini mulai dari Mall BTM sampai SMAN 1 Bogor. Bisa digunakan oleh warga untuk jogging, berlari, bersepeda dan berolahraga lainnya. Target selesai minggu kedua Desember,” kata Bima.

Pembangunan jalan pedestrian ini, mengundang banyak respon dari netizen Bogor, ada yang mengkritisi seperti akun Instagram @suhendraazka22 “Depan BTM makin tambah macet dong. Jln lebar aja macet apalagi skrng di sempitin makin makin dech macet nya,” katanya.

Ada pula respon yang mengusulkan dibangunnya jembatan penyebrangan orang (JPO) seperti akun Instagram @kinghafizm, “Makin nyaman buat para pejalan kaki, ada yg kurang JPO pak biar nyebrangnya nyaman, aman , Semoga tak hanya di pusat kotanya saja, semoga merata pembangunannya,” ungkap akun tersebut.

Lebih lanjut, ada pula akun instagaram @stella_arnold yang mengkritisi pembangunan tersebut dikarenakan pesepeda yang lebih sering lalu lalang ke jalan utama dibanding jalur sepeda yang disediakan, “Pada kenyataannya walaupun sudah dibangun jalur sepeda pada SSA, tapi para pesepeda lebih memilih untuk berlalu lalang di jalur utama. Kadang malah terkesan tidak mau mengalah. Jadi apa gunanya jalur sepeda?” pungkas akun tersebut.

  • Bagikan