Hujan Deras Melanda Bogor, 3 Wilayah Terdampak Tanah Longsor

  • Bagikan
Gambar Bencana Tanah Longsor di Bogor / akun instagram @bpbd.kotabogor
Gambar Bencana Tanah Longsor di Bogor / akun instagram @bpbd.kotabogor

Nurul.id, BOGOR- Hujan deras yang melanda kota Bogor, Jawa Barat beberapa hari terakhir mengakibatkan bencana tanah longsor di 3 daerah dalam 4 hari belakangan. Salah satunya terjadi di Kp. Lebak Sari, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada Senin, 20 September 2021.

Longsor yang terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut disertai tanah yang labil. Seperti dilansir akun Instagram resmi BPBD Kota Bogor mengenai penyebab longsor “Akibat hujan deras di wilayah tersebut dan tanah labil.” Tulis akun tersebut pada 20 September 2021.

Kejadian ini, lanjutnya menyebabkan tanah longsor tebingan dengan lebar longsoran kurang lebih 6 meter dan tinggi 12 meter yang menyebabkan bagian belakang rumah tergerus dan terkikis air aliran sungai Cisadane. Dilaporkan dampak kejadian ini pun menyebabkan 2  rumah atas nama Andi dan Rudi terkikis aliran sungai Cisadane. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Bencana tanah longsor pun terjadi di Kp. Semplak, Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor pada Minggu, 19 September 2021.

“Terjadi longsor tebingan dengan lebar kurang lebih 8 meter dan tinggi 7 meter.” tulis akun instagram BPBD Kota Bogor. Dampak dari bencana tanah longsor ini, sebanyak 1 rumah menjadi korban.

Selain di Kp. Lebak Sari, dan Kp. Semplak. Bencana tanah longsor juga terjadi di Kp. Cilubang, Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor pada 16 September 2021. Para petugas BPBD Kota Bogor baru melakukan tindakan pada 20 September 2021 pukul 13.50 WIB.

“Terjadinya longsor susulan tergerusnya tanah oleh air kali sindang barang dengan lebar kurang lebih 20 meter dan tinggi 20 meter, mengakibatkan akses jalan untuk kendaraan roda 4 tidak bisa dilalui, dan dikhawatirkan akan bertambah melebar ke jalan serta dapat mengganggu aktifitas warga setempat.” Tulis akun Instagram BPBD Kota Bogor pada Senin, 20 September 2021.

Tindakan sementara yang sudah dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Bogor ialah pemasangan terpal di lokasi tersebut. Dan dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa lanjut akun tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *