Genshin Impact, Belum Setahun Tapi Raup Banyak Untung

  • Bagikan
Genshin Impact, Belum Setahun Tapi Raup Banyak Untung
Genshin Impact, Belum Setahun Tapi Raup Banyak Untung

Nurul.id, BOGOR- Genshin Impact, game yang belum genap setahun, tapi meraup banyak untung. Genshin Impact adalah game besutan MiHoYo yang dirilis pada tanggal 28 September 2020. Game ini bergenre adventure open world, dan action role playing game. Game ini mengusung tema fantasi, karena itu tidak mengherankan grafis di dalam game sangat memanjakan mata.

Grafis di dalam game
Grafis di dalam game

Karena popularitasnya, game yang belum berusia satu tahun ini meraih keuntungan bombastis hingga 151 juta dolar Amerika Serikat pada pekan pertama update versi 2.1. Jika dikonversikan kedalam Rupiah, Genshin Impact mengumpulkan sekitar 2 triliun Rupiah pada pekan pertama update versi 2.1 ini.

Dilansir dari sebuah laporan perusahaan riset pasar bernama Sensor Tower, menyatakan bahwa kesuksesan game ini adalah melalui sistem “gacha” yang digunakan. Sistem gacha sendiri lahir dari kata “gacha” dan “pon” sebuah pop kultur yang datang dari negeri Sakura, Jepang. Singkatnya, sistem gacha atau gachapon mirip dengan sistem lucky draw di game-game lain seperti Free Fire. Sistem ini mengharuskan pemain mengandalkan keberuntungan mereka untuk mendapatkan item yang mereka inginkan.

Game Genshin Impact ini menggunakan menu Wish atau Permohonan sebagai cara agar pemain meng-gacha dengan peruntungan agar mereka mendapatkan karakter atau senjata yang mereka inginkan. Setiap 1 Wish membutuhkan 160 primogems. Primogems adalah sebuah mata uang langka yang hanya bisa didapatkan dari event, misi harian, dan membuka peti harta. Dan bagi pemain yang menginginkan primogem lebih, bisa dengan cara top-up di dalam game.

Sampai pada versi 2.1 ini, Genshin Impact sudah merilis 9 versi update dengan karakter dan senjata terbatas. Untuk versi 2.1 ini, Genshin Impact merilis karakter baru yaitu Raiden Shogun, Sangonomiya Kokomi dan berkolaborasi dengan game Horizon Zero Dawn dengan merilis karakter utama game tersebut, Aloy. Dengan dirilisnya karakter baru, pemain yang top-up pun semakin banyak dan otomatis memberikan keuntungan lebih.

“Selama tujuh hari dari Agustus tanggal 25 sampai 31, game ini mengumpulkan pendapatan kotor kira-kira 31 juta dolar Amerika secara global di App Store dan Google Play. Antara 1 hingga 7 September, ketika versi 2.1 dirilis, pengeluaran pemain mengalami peningkatan hampir lima kali lipat dibandingkan minggu sebelumnya, naik menjadi 151 juta dolar Amerika Serikat.” Seperti yang dikutip oleh nurul.id pada 18 September 2021.

Sensor Tower menambahkan, bahwa pengeluaran para pemain Genshin Impact secara global mencapai 21, 6 juta US dolar per hari selama satu minggu terakhir.

Selama periode 1 hingga 7 September, China dan App Store-nya menyumbang pendapatan terbesar. Yaitu sekitar 55,7 juta dolar Amerika Serikat, atau sekitar 37 persen dari total pengeluaran pemain pada periode tersebut.

“Amerika Serikat berada di peringkat 2 dengan 20 persen, sementara Jepang di peringkat 3 hampir 19 persen.” Tulis Sensor Tower.

Dari 3 negara diatas, China mengalami pertumbuhan paling pesat, dengan tingkat pengeluaran tiap pemain Genshin Impact meningkat 9,7 kali lipat dari tujuh hari sebelumnya. Disusul Jepang dengan peningkatan pengeluaran pemain sebesar 4,4 kali lipat, dan Amerika Serikat di angka peningkatan sebanyak 3,5 kali lipat.

Bulan September ini adalah bulan dimana game Genshin Impact ini diliris, dan selama setahun kurang, Genshin Impact telah mengumpulkan sebanyak 1,9 Miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar 27 Triliun rupiah. Keuntungan tersebut dihitung dari pembelanjaan pemain seumur hidup secara global dari App Store dan Google Play.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *