Cek Fakta: CEO Pfizer Menolak Disuntik Vaksin Buatan Perusahaan Sendiri, Benarkah?

  • Bagikan
Cek Fakta: CEO Pfizer Menolak Disuntik Vaksin Buatan Perusahaan Sendiri, Benarkah?
Cek Fakta: CEO Pfizer Menolak Disuntik Vaksin Buatan Perusahaan Sendiri, Benarkah?

Suara.com – Beredar kabar CEO Pfizer, Albert Bourla menolak disuntik vaksin Covid-19 buatan perusahaannya sendiri lewat sebuah wawancara.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook dengan nama pengguna I M SingaKebenaran (https://www.facebook.com/profile.php?id=100068748047357). Akun ini membagikan video yang berisi wawancara CEO Pfizer dengan stasiun televisi CNBC.

Dalam video tersebut, Bourla mengaku bahwa dirinya masih belum divaksin. Unggahan video tersebut kemudian diberi narasi yang menegaskan bahwa Bourla menolak untuk divaksin.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Kepada Satanic Factcheker silahkan Terus Mengumbar Hoax.
Tapi kami punya Bukti Video, CEO Pfizer Menolak untuk Divaksin.

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, narasi CEO Pfizer yang menolak vaksin buatannya sendiri tidak benar.

Faktanya, Bourla dalam potongan video wawancara tersebut dengan jelas menyatakan bahwa dirinya akan divaksin sesegera mungkin. Wawancara itu sendiri dilakukan pada Desember 2020 lalu.

Kala itu, vaksin Pfizer baru saja disetujui oleh badan kesehatan. Vaksin Pfizer juga saat itu didistribusikan dengan mengutamakan tenaga kesehatan dan pekerja di sektor esensial lainnya.

Video lengkap dari wawancara tersebut telah diunggah di kanal YouTube resmi CNBC, “CNBC Television” pada 14 Desember 2020. Judul video yang asli adalah “Pfizer CEO Albert Bourla on vaccine hesitancy: ‘Trust science’”.

Adapun bagian video yang menunjukkan Bourla menyatakan bahwa dirinya belum divaksin, dapat dilihat pada menit 1:44 hingga menit 2:13.

Bourla sendiri mengumumkan dirinya sudah divaksin melalui akun Twitter resminya, AlbertBourla. Ia mengatakan telah menerima dosis kedua vaksin Pfizer pada 10 Maret 2021 waktu setempat.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi yang menyebutkan CEO Pfizer, Albert Bourla menolak disuntik vaksin Covid-19 buatan perusahaannya sendiri adalah hoaks.

Narasi itu masuk dalam kategori konten yang menyesatkan atau misleading content.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *