Bogor Dilanda Hujan Deras Dan Angin Kencang, 3 Wilayah Terdampak Bencana

  • Bagikan
Salah satu rumah warga yang rusak akibat angin kencang di Nurul.id, Bogor - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 26 Oktober 2021 mengakibatkan bencana berupa tanah longsor, banjir, dan atap rumah warga ambruk di 3 wilayah. Salah satunya terjadi di RT. 02 / RW. 07, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. (Foto: BPBD Kota Bogor @bpbd.kotabogor)

Nurul.id, Bogor – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 26 Oktober 2021 mengakibatkan bencana berupa tanah longsor, banjir, dan atap rumah warga ambruk di 3 wilayah. Salah satunya terjadi di RT. 02 / RW. 07, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Atap rumah warga yang ambruk disebabkan oleh hujan deras disertai angin kencang dan kayu penyangga atap yang sudah keropos. Seperti dilansir akun resmi BPBD Kota Bogor mengenai penyebab atap rumah ambruk, “Penyebab kejadian akibat hujan deras disertai angin kencang dan kayu penyangga yang sudah keropos,” tulis akun tersebut pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Atap rumah yang ambruk dibagian dapur dan kamar mandi serta atap ruangan yang sudah lapuk ini, mengakibatkan rumah korban atas nama Haerudin yang dihuni 1 kepala keluarga dan 4 orang ini terancam ambruk dan tidak layak dihuni.

“Atap Rumah Ambruk dibagian Dapur dan Kamar Mandi serta pada bagian atap ruangan yang sudah lapuk dan terancam ambruk pada Rumah Milik Bapak Haerudin (dihuni 1 KK / 4 Jiwa), serta Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tidak bisa di tempati,” lanjut akun tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Upaya sementara yang dilakukan oleh petugas BPBD Kota Bogor adalah korban akan di kontrakan. “Untuk sementara korban terdampak akan di kontrakan,” tutup akun tersebut.

Selain atap rumah ambruk, bencana lainnya adalah longsor tebingan melanda wilayah RT. 05 / RW. 04, Kampung Sweden, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Rumah korban atas nama Maryadi yang dihuni 2 kepala keluarga dan 7 jiwa tertimpa material longsoran di bagian kamar mandi dan dapur rumah. Ada pula pohon kelapa yang menimpa rumah dibawah akibat longsoran tebing selebar 8 meter dan tinggi 15 meter. Selain itu, sebagian material longsoran menutupi aliran kali Cibalok.

“Material longsoran menimpa tembok bagian kamar mandi dan dapur rumah atas nama Bapak Maryadi , dan ada pohon kelapa menimpa rumah di bawah akibat longsoran tebingan, sebagian material menutupi Kali Cibalok,” tulis akun BPBD Kota Bogor.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Dan upaya sementara dari pihak TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Kota Bogor adalah pemasangan terpal kepada pihak terdampak, dan warga yang melakukan kerja bakti.

Selain atap rumah yang ambruk dan longsor tebingan, hujan dengan intensitas tinggi pun mengakibatkan bencana banjir. Banjir setinggi lutut orang dewasa ini melanda kawasan Kp. Selahuni, RT. 01 / RW. 06 dan perumahan villa Ciomas Indah RW. 10 dan 11 Desa Ciomas Rahayu, Kabupaten Bogor pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Dilansir dari akun resmi Kecamatan Ciomas, banjir diakibatkan meluapnya aliran sungai Sindangbarang dan tingginya curah hujan yang melanda kawasan tersebut sekitar pukul 17.00-18.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Telah terjadi banjir setinggi lutut orang dewasa yang diakibatkan meluapnya sungai Sindangbarang yang diakibatkan tingginya curah hujan yg terjadi sekitar pukul. 17.00-18.30 WIB. Akibat meluapnya sungai Sindangbarang mengakibatkan Kp. Selahuni RT. 001/006 dan perumahan Villa Ciomas Indah RW. 010 dan 011 Desa Ciomas Rahayu terendam banjir dan tidak ada korban jiwa,” tulis akun tersebut.

  • Bagikan