Berawal dari Hobi, Pesawat Mini asal Cimahi Tembus Luar Negeri

  • Bagikan
Deden memamerkan pesawat hasil buatannya sendiri di bengkel kerajinannnya di di Jalan K.H. Usman Dhomiri, Cimahi (18/07/2021). (Muhammad Faozan Nurrizkillaah/Nurul.id)

Nurul.id – Cimahi memiliki home industry pembuatan miniatur pesawat. Deden Sopian (53), pembuat miniatur pesawat “Tiara Flight Miniatur” di Jalan K.H. Usman Dhomiri 249, RT .03 RW. 08, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi sudah menekuni profesinya sejak 2007.

Sebelum menekuni profesi pengrajin minatur pesawat, Deden bekerja di Penerbangan Merpati Nusantara Airplane sejak tahun 1992 hingga 2016. Berawal dari hobi, hingga saat ini banyak peminat yang memesan kerajinan miniatur pesawat ini.

“Kebetulan dari hobi dan terus banyak peminatnya, akhirnya saya bergelut disitu (kerajinan miniatur pesawat). ketika saya resign juga ga bingung untuk cari pekerjaan lagi,” ujar Deden ketika diwawancarai Nurul.id pada Rabu, 18 Agustus 2021.

Miniatur pesawat yang berbahan dasar viber glass dan cat duco ini dijual dengan harga 100 ribu hingga jutaan rupiah sesuai ukuran. Pengerjaan satu miniature pesawat dapat menghabiskan waktu sekitar 1 minggu.

“Membuat miniatur pesawat yang kecil ukuran 7 cm, rumit sekali pekerjaannya. Harga murah tapi sulit” Kata Deden.

Proses pengerjaan miniature pesawat ini dimulai dari membuat master yang diraut dari kayu, membuat cetakan dari silicon, percetakan, finishing dan pengecatan. Tiara Flight Miniatur dapat meraup keuntungan 1-5 juta perbulan.

Dibandingkan sebelum adanya pandemi yang dapat meraup keuntungan hingga 8 juta perbulan. Sampai saat ini pemesanan miniatur pesawat sudah tersebar ke daerah Cimahi, Bandung Raya dan Mancanegara mulai dari India, Cina, Singapore, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Reporter: Muhammad Faozan Nurriqillaah

Redaktur: Rais Maulana Ihsan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *